Medical Check Up Mata Bisa Cegah Katarak?

Medical Check Up Mata Bisa Cegah Katarak?

 

Medical Check Up 

Medical Check Up Mata (MCU) adalah serangkaian prosedur pemeriksaan yang dilakukan dengan harapan dapat mendeteksi adanya gangguan kesehatan sejak dini. Pada umumnya MCU dilakukan pada seluruh anggota tubuh, termasuk mata lho! MCU pada mata atau biasa disebut dengan “Eye Examination” adalah upaya pencegahan terhadap gangguan penglihatan dan komplikasi mata lain. Sehingga gangguan penglihatan dapat dicegah lebih cepat dan bisa ditangani sejak dini bila memang terdapat penyakit/keluhan. 

Baca Juga

Diplopia apakah pertanda katarak?

Tahapan Medical Check Up Mata 

Terdapat beberapa tahapan Medical Check Up Mata yang perlu Anda ketahui lho, diantaranya adalah:

1.   Auto Refrakto Keratometer (ARK)

Tahap awal dalam pemeriksaan mata adalah dengan melihat tajam penglihatan menggunakan alat Auto Refrakto Keratometer (ARK). Alat ini akan mendeteksi adanya kelengkungan kornea untuk mengukur kekuatan lensa yang akan ditanamkan saat operasi katarak. Hal ini dilakukan di awal untuk memeriksa adanya kelainan refraksi subjektif. Refraksi Subjektif membutuhkan kerjasama yang baik dari pasien agar diperoleh hasil yang akurat dan mendapatkan penanganan yang tepat.  

2.   Non-Contact Tonometri 

Non-Contact Tonometri (NCT) merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa tekanan bola mata sebagai salah satu persiapan sebelum operasi lasik. Alat ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih yang dapat melakukan penyembuhan tanpa adanya sentuhan. Alat ini dapat menghembuskan angin yang bisa meratakan lapisan kornea untuk mendeteksi berapa tekanan bola mata pada pasien. 

3.   Specular Microscope

Specular microscope merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan daripada sel endotel kornea untuk menentukan apakah seorang pasien dapat melakukan operasi katarak dengan aman atau tidak. 

Baca Juga

Bebas katarak dan kacamata selamanya!

4.   Biometri dan Ultrasonografi (USG)

Biometri dan Ultrasonografi (USG) merupakan alat geometri yang digabungkan dengan alat pemeriksaan yang berfungsi untuk mengetahui adanya kelainan pada mata pasien dan menguji kekuatan lensa tanam yang akan diberikan kepada pasien sebelum operasi Katarak

5.   Tes Buta Warna

Jika Pasien perlu atau membutuhkan tes buta warna dokter mata akan memberikan beberapa buku yang berisikan gambar. Gambar-gambar tersebut memiliki warna yang dapat terdeteksi oleh mata normal. Namun, jika pasien mengalami buta warna maka akan mengalami kesulitan untuk membaca gambar yang ada pada buku tersebut.  

6.   Slit Lamp 

Slit Lamp merupakan alat yang dapat melakukan pemeriksaan pada area luar pada mata pasien. Selain itu alat ini sekaligus dapat melakukan pemeriksaan retina atau saraf mata. Khususnya lensa 90  yang dapat melakukan pemeriksaan retina pada pasien. 

Pemeriksaan anatomi dan saraf mata secara menyeluruh 

Konsultasi dokter mata perlu dilakukan sebelum MCU dilakukan! Hal ini bertujuan agar Anda dapat memahami maksud dan tujuan dari serangkaian prosedur MCU. Pasien yang telah memahami prosedur dengan baik, akan lebih mudah dan terarah selama proses MCU dilakukan.

Baca Juga

Hipermetropi ( Rabun Dekat) Gejala, penyebab, dan cara pengobatannya

Presbyond (Pengobatan Mata Tua)

Biaya MCU Mata di Jawa Timur Mulai Dari 100rb

Selama ini kita mengenal bahwa Medical Check Up Mata akan menghabiskan biaya yang cukup besar. Namun, tidak perlu khawatir karena saat ini biaya Medical Check Up Mata mata di Jawa Timur telah hadir mulai dari 100 ribu saja.  Hal ini tergantung dari lokasi dan jenis layanan yang akan dipilih. Jadi tunggu apalagi, Yuk! Medical Check Up Mata di klinik terdekat di kota Anda. Bagi kaum dhuafa bisa mendapatkan operasi katarak gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga

Setelah Operasi Katarak dapatkan fasilitas kursi pijat hingga kopi

MCU Mata Cegah Katarak

Perlu Anda ketahui bahwa Medical Check Up Mata bisa mencegah berbagai penyakit salah satunya Katarak. Lakukan MCU secara rutin dan berkala, hal ini akan mempermudah Anda untuk mendeteksi Katarak sejak dini. Bila terbukti Anda terkena Katarak, maka langsung bisa ditangani. Tanpa menunggu waktu yang lama hingga Katarak merenggut penglihatan dan menyebabkan kebutaan. 

 

Comments

Popular posts from this blog

Manfaatkan Harga Jam Tangan Fosil Pria - Baca 6 Tips Ini

Domba Merino Ponorogo