Industri Kreatif: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Industri Kreatif: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Industri kreatif kemungkinan sementara ini kerap kita dengar di dalam kehidupan sehari-hari. Industri kreatif ini jadi jadi keliru satu sektor yang menjanjikan bagi suatu negara, tak hanya di Indonesia saja. Industri kreatif adalah sebuah moment yang dijadikan keliru satu senjata untuk menggerakan perekonomian di suatu negara karena besarnya permohonan yang tersedia di pasar.

Pengertian industri kreatif

Selama ini tentunya pasti ada yang bertanya-tanya sebenarnya apa definisi dari industri kreatif. Industri kreatif ini sebenarnya adalah suatu kegiatan perekonomian yang dibikin dari hasil ide, kemampuan, dan kreativitas dari seseorang atau bisa dibilang industri kreatif ini adalah proses memproduksi barang atau jasa bersama lewat proses kreatif di dalamnya.

Sementara itu, Departemen Perdagangan RI tahun 2009 menyatakan bahwa industri kreatif adalah sebuah bidang yang berasal dari penggunaan kreativitas, keterampilan, dan bakat yang dimiliki oleh individu didalam menciptakan lapangan kerja.

Sedangkan Howkins menyatakan bawah industri kreatif adalah industri yang mempunyai keistimewaan terhadap sektor kreativitas didalam memproduksi bermacam macam produk barang atau jasa.

Industri kreatif ini tidak hanya didalam bentuk produk, namun juga didalam bentuk jasa.

Namun, yang membedakan pada produk dan jasa kreatif adalah, jasa kreatif ini bisa dikatakan sebagai industri jika bisa menggerakan roda ekonomi. Maksudnya, tidak hanya untuk satu orang spesifik saja. Lantas, bagaimana pertalian industri kreatif bersama ekonomi kreatif? industri kreatif ini sesungguhnya adalah penggerak berasal dari ekonomi kreatif. 

Bahkan, industri kreatif ini digadang-gadang sebagai tidak benar satu penggerak ekonomi yang bertahan hingga era depan. 

Di masa yang moderen ini, di mana teknologi juga makin ringan diakses, industri-industri kreatif pun juga makin menjamur. Hal berikut pun sebabkan makin banyaknya individu-individu kreatif yang bisa menghasilkan sesuatu.

Namun, di didalam industri kreatif ini kebanyakan diisi oleh orang-orang yang sebenarnya udah mempunyai kapasitas, bakat, dan kualitas di bidangnya sebab tak seluruh orang mempunyai jiwa kreatif.

 

Selain itu, industri kreatif juga kudu selalu relevan bersama pertumbuhan zaman. Sehingga, inovasi-inovasi kudu konsisten dilakukan.

Manfaat Industri Kreatif

- Untuk menggerakan perekonomian nasional. Karena terhadap sementara ini industri kreatif ini terus menjamur di masyarakat dan jadi jadi lahan yang basah di masa sekarang ini.

- Industri kreatif ini harus diperhatikan oleh pemerintah agar negara tidak hanya tergantung terhadap hasil-hasil bumi yang suatu sementara kemungkinan dapat habis. Sedangkan di industri kreatif sendiri, orang kreatif pasti dapat tetap bermunculan. 

- Industri kreatif ini termasuk menuntut pelaku untuk terus berinovasi dan kreatif.

- Memaksimalkan SDM usia produktif untuk dapat bekerja cocok dengan passion yang mereka miliki. Karena terhadap dasarnya industri kreatif ini diawali dari minat atau passion dari seseorang.

Contoh Industri Kreatif

Perkembangan zaman semakin mengakibatkan industri kreatif ini termasuk semakin berkembang. Profesi-profesi kreatif baru termasuk terus bermunculan bersamaan dengan semakin canggihnya teknologi.

Bisa dibilang bahwa industri kreatif ini menghadirkan bidang-bidang di luar 14 tipe di atas.

Adapun contoh dari industri kreatif zaman sekarang antara lain:

1. Content Creator

Content Creator ini merupakan profesi seseorang di dalam menciptakan sebuah karya dengan mengfungsikan platform-platform seperti fasilitas sosial yang tersedia sementara ini.

Meski awalannya content creator ini hanya melibatkan individu tertentu, namun sementara ini content creator telah jadi jadi sebuah industri tersendiri. Sudah banyak individu yang disebut content creator jadi membentuk sebuah perusahaan tersendiri untuk mengelola karya-karya yang akan dihasilkan. Karena, content creator ini jadi menggeser posisi dari fasilitas sebagai daerah untuk beriklan atau mempromosikan suatu produk.

Content creator contohnya adalah Youtuber, Selebgram, Selebtwit, dan lain sebagainya. 

2. Startup

Startup atau perusahaan rintisan ini termasuk ke di dalam industri kreatif karena termasuk ke di dalam bidang teknologi. Startup ini bekerja dengan mengfungsikan teknologi yang tersedia sementara ini.

Contoh-contoh perusahaan besar yang awalannya adalah sebuah startup adalah GoJek, Traveloka, Shopee, dan lain sebagainya.

3. Konser Musik

Konser musik termasuk jadi contoh dari industri kreatif. Meskipun kemungkinan sebuah konser hanya digelar di dalam sementara sehari atau dua hari, namun konser musik ini melibatkan banyak orang, jadi dari vendor, artis, sampai persewaan tempat.

4. Agensi Pemasaran, Hubungan Masyarakat, dan Iklan

Agensi pemasaran ini jadi sebuah contoh dari perusahaan yang bergerak di bidang kreatif. Agensi ini terhadap dasarnya bergerak di bidang jasa. Jasa di dalam perihal ini bermakna merencanakan, mengeksekusi, dan mengevaluasi dari satu langkah entah itu untuk mempromosikan atau hadapi suatu persoalan yang dihadapi oleh perusahaan.

Bahkan terhadap perkembangannya, agensi ini termasuk dapat mengurus perorangan. Biasanya perihal tersebut digunakan untuk merencanakan branding personal.

Agensi sementara ini termasuk tentang industri kreatif erat dengan content creator.

5. Fashion Show

Tentu kalian dulu mendengar acara berjudul Paris Fashion Week, New York Fashion Week, sampai Jakarta Fashion Week. Acara-acara tersebut terhadap dasarnya mempunyai tujuan untuk memamerkan karya baju yang telah dirancang oleh desainer.

Proses mengolah dari peragaan baju ini sudah pasti termasuk melibatkan banyak orang tak hanya desainer, namun model, penjahit, sampai penyedia tempat.

Kebijakan Mengenai Industri Kreatif

Karena perkembangan industri kreatif, pemerintah pun selanjutnya memunculkan sebagian kebijakan agar industri kreatif senantiasa dapat terkontrol dan manfaatnya dapat dirasakan. Kebijakan itu antara lain:

- Mengelola aset dan potensi yang sudah dimiliki oleh para pekerja kreatif. 

- Memfasilitasi pengembangan inovasi dan kreativitas.

- Membentuk Badan Ekonomi Kreatif yang terafiliasi bersama dengan kementerian. 

Demikianlah pembahasan perihal pengertian dari industri kreatif dan contoh-contohnya. Informasi perihal dunia industri kreatif sudah pasti akan dibahas di dalam pembelajaran di Sampoerna University di di dalam program Pendidikan di Fakultas Bisnis dan Fakultas Teknik dan Teknologi secara bersamaan.

Dengan pembelajaran yang mengadopsi kurikulum dari luar negeri, para lulusan dari Sampoerna University diinginkan akan menambahkan pengaruh signifikan bagi dunia usaha dan perekonomian Tanah Air lewat industri kreatif.

Comments

Popular posts from this blog

Medical Check Up Mata Bisa Cegah Katarak?

Manfaatkan Harga Jam Tangan Fosil Pria - Baca 6 Tips Ini

Domba Merino Ponorogo